Sabtu, 09 Oktober 2010

Apa itu Semantic Bank?



Semantic bank adalah suatu server pasangan/kawan dari Piggy Bank yang membuat kita persist (berkelanjutan), share dan publish data yang dikumpulkan dari personal, grup atau komunitas. Sebelumnya semantic bank merupakan project mandiri, tetapi sekarang telah dikemas bersama Longwell sebagai konfigurasi bagi Longwell.

Apa yang bisa diperbuat dengan Semantic Bank?
Semantic Bank memungkinkan kita:
- Secara berkelanjutan menjadikan informasi kita pada server secara remote. Hal ini sangat berguna, sebagai contoh, jika kita ingin sharing data antara dua komputer atau utk menghindari kesalahan dan kegagalan share data
- share informasi dengan orang lain. Kemampuan untuk meng-tag resource menjadikan pengelompokan serendipi yang powerful (dibuktikan dengan seperti del.icio.us ato Flickr)
- membuat kita bisa mem-publish informasi, baik dalam bentuk “murni” RDF (bagi yg bisa membuatnya) atau dalam bentuk web page biasa, dengan pkitangan faceted browsing (pencarian bersegi) Longwell yang biasa.
Apa yang dibutuhkan untuk menjalankannya?
Karena Semantic Bank saat ini adalah kofigurasi Longwell, maka bacalah Longwell Requirements.

Dimana bisa ditemukan beberapa dokumentasi?
Sekarang, dokumentasi Longwell adalah semua yang kita punya untuk para pengguna. Sebagai catatan, Semantic Bank bisa dijalankan dengan memanggil Longwell sebagai berikut, bergantung pada sistem operasi yang dipakai:
- [unix] ./longwell –c semantic-bank
- [windows] longwell /c semantic-bank

Bagi para developer yg akan mengembangkan Semantic Bank, baca dokumen Longwell configuration dan kembangkan.
Bagi para developer yg akan memakai Semantic Bank tanpa Piggy Bank, baca bank API documentation

Sumber: [http://simile.mit.edu]


Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar